Rabu, 03 Maret 2010

Pentingnya Sosialisasi Pemuda

Pemuda adalah generasi penerus dari generasi terdahulu. Anggapan itu merupakan beban moral yang ditanggung bagi pemuda untuk memenuhi tanggung jawab yang diberikan generasi tua. Selain memikul beban tersebut pemuda juga dihadapkan persoalan-persoalan diantaranya kenakalan remaja, ketidak patuhan pada orang tua/guru, kecanduan narkotika, frustasi, masa depan suram, keterbatasan lapangan kerja dan masalah lainnya. Seringkali pemuda dibenturkan dengan “nilai” yang telah ada jika mereka berkelakuan di luar nilai tersebut.

Munculnya jurang pemisah antara generasi muda dan generasi tua merupakan akibat dari benturan dua kebudayaan yaitu tradisional dan modern. Dimana budaya tradisional itu dianut oleh generasi tua yang terdahulu dan budaya modern dikembangkan oleh generasi muda yang telah tercium arus globalisasi dengan tujuan untuk mengadakan perubahan-perubahan yang lebih baik dari generasi orang tua.

Sosialisasi sangat penting karena manusia adalah makhluk sosial yang akan selalu membutuhkan orang lain dalam hidupnya. Dan sosialisaai harus sudah dilatih sejak masih belia, dan kadang orang yang berhasil adalah orang yang pintar bersosialisasi.
Proses sosialisasi banyak ditentukan oleh susunan kebudayaan dan lingkungan sosial yang bersangkutan. Oleh karena itu lingkingang tempat kita tumbuh sangat penting nantinya untuk kita. Dengan siapa kita bergaul itu juga akan memberikan dampak bagi diri kita pribadi.
Dalam hal ini bukan berarti kita harus membatasi diri dalam pergaulan, tetapi lebih menitik beratkan pergaulan seperti apa yang baik buat kita pribadi.
Banyak manfaat yang di dapat dari sosialiasi, selain menambah teman juga dapat menambah pengetahuan dan peluang untuk usaha.
Sosialisasi berbeda dengan inkuturasi yang mementingkan nilai-nilai dan norma-norma kebudayaan dalam jiwa individu, sedangkan sosialisasi dititik beratkan pada soal individu dalam kelompok melalui pendidikan dan kebudayaannya.
Kesimpulannya adalah bahwa sosialisasi untuk pemuda yang nantinya akan menjadi penerus generasi sebelumnya adalah sangat penting dan itu harus dilakukan sejak usia dini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar